Aktifitas Siswa Praktik Pengambilan Video di Lapangan
Salah satu Peralatan Multimedia
Aktifitas Siswa di Laboratorium Multimedia
Aktifitas Siswa di Laboratorium Multimedia
Siswa Multimedia Juara Debat Bahasa Inggris Tahun 2008
Alumni lulusan Angkatan 1
Alumni lulusan Angkatan 2
Alumni lulusan Angkatan 3
KODE : 072
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTIMEDIA
Definisi
Program keahlian yang mempelajari mengenai kompetensi siswa dibidang multimedia. Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui komputer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).
Tujuan Program Keahlian Multimedia
Tujuan program keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
mengoperasikan softwaredan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design
mengoperasikan softwaredan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan 3D animation
mengoperasikansoftwaredan periferal digital audio, digital video, dan visual effects
Dalam perjalanan Program keahlian Multimedia sejak berdiri tahun 2004 mengalami beberapa perubahan struktur kurikulum, diantaranya struktur kurikulum produktif dengan 21 kompetensi, 14 kompetensi, 13 kompetensi, struktur kurikulum KTSP dan spektrum Keahlian 2006 dan sebentar lagi akan diberlakukan Spektrum Keahlian 2010.
Penyesuaikan dari berbagai segi dalam pendidikan, oleh karena Kemajuan jaman sehubungan dengan dunia usaha/ Industri dibandingkan dengan kemajuan dunia pendidikan tidak sama cepat, menuntut setiap institusi pendidikan melakukan studi banding dengan instansi/ perusahaan/ industri yang relevan. Diantaranya pada tahun 2004 dan 2005 diadakan studi banding ke :
Multi Media Training Centre (MMTC) Yogyakarta
SMK Negeri 2 Solo
Fuji Image Plaza Semarang
PT Jogjakartoon Jakarta
PT Jogjakartoon Yogyakarta
JPG Technology “Magickink” Bandung
Tujuan kunjungan itu diantaranya untuk memperluas khasanah pengetahuan tentang Multimedia, mendekatkan kompetensi lulusan nantinya dengan kebutuhan dunia usaha/ industri, mendapatkan masukan-masukan sebagai bahan pengembangan kurikulum Program Keahlian Multimedia, sehinggaterwujud kurikulum implementatif.
Relevansi di industri dan dunia usaha diantaranya : pengembang web, pengembang Multimedia, pengembang permainan, rumah produksi sinema, industri media dan periklanan, mengelola dan berwirausaha di bidang Multimedia.
Program pembelajaran (Kurikulum)
Durasi: Kompetensi keahlian Multimedia sesuai dengan SKSD berikut ini untuk SMK 3 Tahun