Info Terkini :

SMK Negeri 3 Tegal
Jl. Gajahmada 72 D Tegal 52113

Powered by Blogger

Minggu, 31 Mei 2009

Rp 560 Miliar untuk Pengembangan SMK di Jateng


Semarang, CyberNews. Dari tahun ke tahun, anggaran untuk perbaikan mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jateng terus meningkat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jateng Drs Kunto Nugroho MSi, hal itu dapat dibaca sebagai ikhtiar pemerintah memberi perhatian lebih kepada sekolah kejuruan.

Jika pada 2008, anggaran yang dikucurkan untuk pengembangan SMK di Jateng hanya Rp 201 miliar, tahun ini meningkat hampir tiga kali lipat, yakni menjadi Rp 560 miliar.

Anggaran itu berasal dari APBD Provinsi Rp 160 miliar, dan APBN Rp 400 miliar.

"Perhatian pemerintah terhadap SMK, baik negeri maupun swasta begitu besar, sebab saat ini sekolah kejuruan itu menjadi primadona pendidikan di Indonesia. Realitas membuktikan, siswa-siswi lulusan SMK siap terjun di dunia kerja. Hal itu selaras dengan program pemerintah mengurangi angka pengangguran," kata Kunto, saat membuka Lomba Gelar Prestasi dan Bela Negara Tingkat Jateng di halaman SMKN 2 Semarang.

Kucuran dana dalam jumlah besar harus diikuti dengan serangkaian kebijakan yang bertujuan mengawal proses peningkatan mutu pendidikan di SMK. Kebijakan itu harus bersifat konkrit dan terfokus.
 
Provinsi Vokasi
Kunto menambahkan, setelah ditetapkan menjadi Provinsi vokasi, Jateng mampu menarik perhatian dunia pendidikan di provinsi lain. Terbukti, sejumlah provinsi, antara lain Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat mengikuti jejak Jateng membentuk provinsi vokasi.

"Sebagai provinsi vokasi, saat ini Jateng berupaya mewujudkan rasio perbandingan antara SMA sengan SMK menjadi 30%: 70%. Untuk itu diperlukan dukungan semua pihak," ujar Kunto.


Tidak ada komentar: