Info Terkini :

SMK Negeri 3 Tegal
Jl. Gajahmada 72 D Tegal 52113

Powered by Blogger

Minggu, 21 Juni 2009

Mahasiswa Unikom Juara Kontes Robot Internasional


JAKARTA -- Tim Robot Indonesia dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) di Bandung berhasil meraih juara pertama dan memperoleh medali emas dalam 'International Robogames' yang diselenggarakan di San Francisco, Ameriksa Serikat (AS), Ahad (14/6). Tim Indonesia berhasil menyingkirkan lawan-lawan dari negara maju seperti Inggris dan AS.

“Kemenangan Indonesia diperoleh melalui penampilan Robot DU-114 yang meraih waktu tercepat dalam mencari sumber api dan memadamkannya dengan semprotan air secara otomatis. Api diperagakan dengan menggunakan lilin,” ujar Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Dikti Depdiknas, Suryo Hapsoro Tri Utomo saat menjembut
kedatangan Tim Robot Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Kamis (18/6).

Menurut Suryo, kemenangan ini patut dibanggakan mengingat Tim Robot Indonesia baru pertama kali bertanding di luar negeri. Tim ini sebelumnya telah menjuarai Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tingkat regional (Jawa-Barat, DKI Jakarta, dan Banten) dan tingkat nasional di Indonesia selama tahun 2007-2008.

Nama robot DU-114 diambil dari singkatan alamat kampus Unikom di Bandung (Jl Dipati Ukur No 114, Bandung). Robot tersebut hasil karya mahasiswa Unikom Rudi Hartono di bawah bimbingan Ketua Divisi Robotika Unikom Yusrila Yeka Kerlooza. Robot NEXT-116, karya mahasiswa Unikom lainnya, Stevanus Akbar, belum memperoleh medali. Meski demikian,
Robot NEXT-116 ini merupakan satu-satunya robot yang menggunakan delapan kaki sebagai alat gerak (walking robot) yang ikut bertanding dalam kategori Open Fire Fighting Autonomous Robot.

Suryo menambahkan, kemenangan tim robot dari Unikom ini bukan kebetulan. Ini karena sehari sebelumnya, Sabtu (13/6), tim Unikom juga menang pada kompetisi nasional Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) untuk kategori yang sama.

sumber : http://www.republika.co.id/berita/57..._Internasional

1 komentar:

chandra mengatakan...

unikom, maju terus...

http://chandra-unikom.blogspot.com/

jangan lupa berkunjung... tinggalkan komentar anda...