Info Terkini :

SMK Negeri 3 Tegal
Jl. Gajahmada 72 D Tegal 52113

Powered by Blogger

Rabu, 28 April 2010

Guru Muda Bakal Ikut Program Co-Ass

from : Kompas

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional mencatat jumlah guru di seluruh Indonesia mencapai 2.607.311 orang. Rasio jumlah guru dinilai logis jika dibandingkan dengan jumlah siswa di Indonesia. Namun, mengapa tetap terasa kurang?

"Distribusi guru tidak merata, menumpuk di perkotaan," tutur Poppy Dewi Puspitawati dari Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan dalam peluncuran Kongres Guru Indonesia yang digelar Sampoerna School of Education, Rabu (28/4/2010).

Poppy mengatakan, kementerian terus mencari jalan keluar bagi persoalan ini. Masalahnya, manajemen guru dengan sistem desentralisasi pun tidak pula maksimal. Tidak semua guru-guru di daerah juga tidak mengikuti program peningkatan kompetensi.

Diakuinya, reformasi guru pun menjadi agenda penting yang akan dilakukan kementerian. Oleh karena itu, kementerian sedang mengkaji sebuah terobosan untuk pemerataan jumlah guru yang berkelanjutan melalui program semacam co-ass yang biasa berlaku untuk dokter-dokter muda.

"Guru pemula tidak ada langsung diterjunkan kalau dulu yang pra-jabatan bisa langsung ke kelas, tapi nanti seperti co-ass, guru harus melewati masa induksi, sebelum bertugas di lapangan," ungkapnya.


Tidak ada komentar: